Profil Singkat: INDONESIAN CRAFTER Reg. MALANG


Indonesian crafter sebagai salah satu komunitas yang bergerak dalam bidang kerajinan (craft) yang menjunjung tinggi nilai ide kreatifitas dan originalitas suatu karya. Komunitas Indonesian crafter dapat menjadi wahana bagi para creator untuk saling tukar pendapat/sharing tentang hal-hal yang berhubungan dengan kerajinan/craft. Sehingga diharapkan dengan adanya komunitas ini, para creator dapat meningkatkan kemampuan atau keahliannya dalam berkarya. Meskipun awalnya komunitas ini dibentuk sebagai komunitas online, untuk menghindari kurangnya focus komunitas maka diterapkan kebijaksaan adanya larangan berjualan dalam forum.
           Indonesian crafter hingga saat ini (24-5-2013) memiliki 1168 anggota setelah melalui seleksi ketat dari berbagai daerah yang tersebar di tanah air Indonesia, dan beberapa merupakan WNI yang berdomisili di Negara lain seperti India, Jepang, Malaysia, Singapura dan lain sebagainya. Anggota-anggota Indonesian crafter bukan hanya merupakan creator yang memiliki label dagang/praktisi professional, penulis buku craft, juga beberapa merupakan pemula yang memiliki minat tinggi terhadap bidang kerajinan. Salah satu kota yang memiliki anggota yang cukup banyak dan dengan berbagai latar belakang keahlian craft adalah kota Malang. 
           Berawal dipertemukan sebagai sesama anggota Indonesian Crafter (IC-ERS) yang berdomisili di kota malang, dan adanya kesamaan minat yang cukup tinggi pada bidang craft serta keinginan untuk berkembang dan lebih kreatif, maka terbentuklah komunitas INDONESIAN CRAFTER Reg. MALANG. Indonesian Crafter Reg. Malang terbentuk tepat pada acara gathering pertama dan untuk kali pertama melakukan pertemuan secara tatap muka sesama anggota ICers pada tanggal 8 April 2012.

INDONESIAN CRAFTER Reg. Malang
KEGIATAN DAN KEPENGURUSAN KOMUNITAS

       Kegiatan Indonesian Crafter Reg. Malang untuk secara forum online tidak jauh berbeda dengan komunitas Indonesian Crafter. Namun terdapat beberapa kegiatan istimewa pada Indonesian Crfater Reg. Malang, diantaranya sebagai berikut:
·      Gathering dan mini workshop setiap bulan pada lokasi-lokasi strategis di tengah kota malang. Gathering diisi dengan sharing hal-hal yang berkaitan tentang kerajinan, hingga birokrasi pengembangan usaha. Sedangkan untuk mini workshop, ICers secara bergilir berbagi ilmu keterampilan yang dimiliki kepada Icers yang lain. Acara ini dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya, bila terdapat retribusi yang sangat terjangkau, merupakan biaya bahan workshop yang telah disiapkan, snack dan fasilitas yang lain. Sering kali workshop mengangkat tema GO GREEN /Recycle yakni mendaur ulang barang bekas menjadi barang baru yang cantik. Maka bagi siapapun yang ingin belajar tentang craft dapat langsung mengikuti mini workshop setiap bulannya dengan mendaftar pada coordinator IC reg. Malang.
·      Swap Craft (saling menukar craft) dan Giveaway. Adakalanya saat gathering atau mini workshop berlangsung terdapat acara swap craft yakni acara saling menukar hasil karya craft para ICers atau acara Giveaway yakni acara bagi-bagi hadiah berupa hasil karya ICers.
·      Bazar Bersama. IC reg. Malang juga melakukan kegiatan upaya peningkatan penjualan dengan cara melakukan bazaar bersama-sama atau dengan atas nama komunitas.
·      Bazar Galang Dana untuk Bakti Sosial.  Sebagai dedikasi untuk misi sosial, komunitas ini melakukan bakti sosial dimana dana donasi diperoleh dengan melakukan bazaar produk sumbangan ICers yang hasil penjualan 100% akan disumbangkan.  

      Segala bentuk kegiatan maupun informasi tentang kegiatan bazaar atau pameran wirausaha akan diupdate pada group tertutup (facebook) INDONESIAN CRAFTER Reg. Malang. Satu hal yang paling istimewa yakni meski pun terdapat beberapa label dagang, pada komunitas ini selalu menciptakan suasana kekeluargaan, keramahan dan sikap saling toleransi.
        Komunitas ini dikelola dengan cara manajemen sederhana oleh beberapa ICers yang dipercaya sebagai pengurus komunitas. Komunitas ini diketuai oleh Dian Kusuma Wardhani (Dini-pendiri Indonesian Crafter/Penulis buku craft/owner Capung Mungil)yang dibantu oleh koordinator dan humas komunitas  yakni Eka Ratna Puspita Dewi (Eka) dan Nurita Hardini Meita Sari (Tata) dimana keduanya merupakan pemilik brand Laconchita.  Meskipun manajemen komunitas dilakukan secara sederhana, ketika IC reg. Malang memiliki sebuah kegiatan besar selalu mendapatkan partisipasi ICers yang lain siap untuk membantu.



MALANG CREATIVE SOCIETY
Dengan keinginan IC Reg. Malang yang ingin meningkatkan aktualisasi komunitasnya dengan memberikan wadah bagi masyarakat umum (non ICERS) yang memiliki minat dan bakat di berbagai keahlian kerajinan tangan baik hanya sekedar menyalurkan hobby maupun sebagai peluang usaha, maka IC Reg. malang membuka link komunitas baru yang bersifat independent yang di beri nama:
MALANG CREATIVE SOCIETY (MACRO)
Yang diperkenalkan kepada khalayak umum secara resmi pada pameran poster dan open house yang diselenggarakan oleh MCC yakni tanggal 19 Mei 2013. Hingga hari ini (25 Mei 2013) MACRO memiliki anggota 17 orang.
 


1 comments:

  1. indonesian crafter/macro ada fb/twitter/kontak yg bisa dihubungin gak ya?

    ReplyDelete

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author